Selasa, 29 Juni 2010

Belik Soka



Mata air yang terletak di ujung tenggara desa Kajar Kecamatan Trangkil (dulu Wedarijaksa) kabupaten Pati bernama Belik Soka. Konon tempat ini merupakan salah satu tempat keramat bagi masyarakat setempat. Memiliki hawa yang sejuk karena keberadaannya di antara rerimbunan pohon bambu dan rimbunnya kebun masyarakat. Oleh petani setempat digunakan sebagai sumber air untuk mengairi sawah yang ada di sekitarnya.

Sewaktu saya berumur 8 tahun atau sekitar tahun 1989, anak-anak desa setempat menggunakannya untuk memandikan ternak, seperti kerbau, sapi dan ajang berenang yang mengasyikkan.

Air yang keluar dari mata air belik Soka sangat jernih yang mengalir sepanjang musim. Oleh masyarakat setempat, air yang tersedia juga digunakan untuk hidup habitat berbagai jenis ikan. Aneka jenis ikan yang hidup, antara lain Ikan Betik, Kocolan/Kutuk, Sepat, Cucuk,dll.

Belik soka adalah tempat yang ideal untuk menyalurkan hobby memancing, hal ini didukung suasana Belik/Kola mata air yang rindang ada di antara pepohonan.

Ada sebagian masyarakat juga meyakini tempat ini keramat peninggalan leluhur desa jaman dahulu sehingga keberadaannya tetap dilestarikan sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar